Breaking News
Loading...
Minggu, 30 Juni 2013

Cara Mudah Berbagi File Antara Komputer Terdekat

Microsoft Share | Cara Mudah Berbagi File Antara Komputer Terdekat | Lebih mudah daripada di masa lalu, karena Anda tidak perlu dipusingkan dengan pengaturan jaringan Windows rumit. Ada banyak cara untuk berbagi file, tapi kita akan membahas beberapa yang terbaik.
Windows Homegroup


Dengan asumsi komputer yang menggunakan Windows 7 atau Windows 8, Windows Homegroup adalah salah satu cara termudah untuk berbagi file antara mereka. Jaringan Windows rumah telah sangat rumit untuk mengkonfigurasi di masa lalu, tapi Homegroup mudah untuk mengatur. Cukup membuat Homegroup dari pilihan Homegroup dalam Windows Explorer (File Explorer pada Windows 8) dan Anda akan mendapatkan password. Masukkan bahwa password pada komputer terdekat dan mereka dapat bergabung HomeGroup Anda. Mereka kemudian akan memiliki akses ke file bersama Anda ketika mereka berada di jaringan yang sama - Anda dapat memilih perpustakaan Anda ingin berbagi sekaligus menciptakan Homegroup.


Seseorang menggunakan PC lain hanya akan harus memilih opsi HomeGroup di file manager mereka, browse file bersama Anda, dan download ke komputer mereka. Jika tamu datang menghampiri, Anda tidak perlu melakukan konfigurasi jaringan Windows rumit di PC mereka - hanya memberi mereka password ke Homegroup dan mereka dapat dengan cepat bergabung.

Pengguna Linux dapat menggunakan fitur file-sharing yang dibangun ke dalam distribusi Linux mereka, yang juga harus cukup mudah digunakan.
Dropbox LAN Sync

Banyak orang mentransfer file antara komputer dengan sinkronisasi mereka dengan solusi penyimpanan awan seperti Dropbox, Google Drive, atau SkyDrive. Sayangnya, hal ini dapat memakan waktu cukup lama - file harus diupload ke server penyedia penyimpanan awan Anda sebelum di-download kembali ke komputer Anda yang lain. Ini adalah cara yang sangat konyol untuk melakukan hal-hal, ketika Anda berpikir tentang hal ini - dapat membuat sinkronisasi file besar mengambil selamanya. Jika komputer pada jaringan yang sama, mengapa tidak hanya melakukan sinkronisasi file secara langsung antara mereka?

Dropbox berdiri di antara kerumunan dengan menawarkan "LAN Sync" fitur yang tidak tepat ini. Jika dua komputer yang menjalankan Dropbox berada di jaringan yang sama, mereka akan melakukan sinkronisasi file secara langsung antara satu sama lain tanpa upload dan download panjang. Jika Anda menambahkan file 1 GB ke Dropbox Anda, dengan cepat akan sync ke komputer lainnya Anda berjalan Dropbox jika pada jaringan yang sama.

Terbaik dari semua, Anda dapat berbagi folder dalam Dropbox Anda dengan orang lain. Jika mereka berada di jaringan LAN yang sama seperti Anda, mereka juga akan mendapatkan manfaat dari LAN sync. Itu berarti Anda bisa langsung sinkronisasi file ke komputer orang lain jika Anda berbagi file melalui Dropbox dan Anda berada di jaringan yang sama.


Tentu saja, Anda harus memiliki cukup ruang di akun Dropbox untuk file, karena akan secara otomatis upload ke Dropbox Anda tetap. Apapun layanan yang anda gunakan, file kecil akan sinkron dengan cepat bahkan jika mereka harus upload pertama. Layanan lain seperti SkyDrive atau Google Drive bukanlah solusi yang buruk jika Anda hanya ingin mentransfer file antara komputer kecil, bahkan tanpa LAN sync.
USB 3.0 drive

Sebuah USB drive adalah standar lama - tidak bekerja secara nirkabel, tapi itu adalah cara cepat untuk mentransfer file. Terbaik dari semua, itu tidak memerlukan komputer yang akan terhubung atau pada jaringan yang sama sama sekali.

USB drive bisa lebih cepat dari Wi-Fi, terutama jika Anda telah mengambil flash drive dengan dukungan USB 3.0. Tentu saja, Anda harus mencolokkan drive ke port USB 3.0 untuk mendapatkan manfaat kecepatan - yang paling USB 3 port berwarna biru di dalamnya, sehingga Anda dapat melihat mereka untuk menentukan mana yang USB 3.0 port.

Namun, jika Anda memiliki perangkat keras nirkabel yang mendukung Wi-Fi 802.11ac standar baru, transfer nirkabel mungkin lebih cepat. 802.11ac Wi-Fi memiliki maksimum teoritis 1,3 Gigabits per detik (Gbps), sedangkan USB 3.0 memiliki maksimum teoritis 4 Gbps. Keduanya akan secara signifikan lebih lambat di dunia nyata digunakan - USB 3 kemungkinan akan lebih cepat saat kecepatan sangat penting untuk file besar, tetapi jika kecepatan maksimum tidak diperlukan, perangkat keras nirkabel modern mungkin lebih dari cukup cepat.


BitTorrent Sync

Jika Anda ingin menyimpan file disinkronkan antara komputer Anda - memastikan Anda memiliki akses ke file yang sama secara lokal pada setiap hard drive - Anda mungkin ingin mencoba BitTorrent Sync. Tidak seperti Dropbox LAN Sync, tidak ada komponen penyimpanan awan, yang berarti tidak ada batasan untuk jumlah file yang dapat Anda sinkronkan. Jika Anda mengkonfigurasi BitTorrent Sync hanya bekerja antara komputer pada jaringan lokal Anda, itu tidak akan meng-upload sesuatu melalui Internet. Tidak seperti Windows HomeGroup, BitTorrent Sync secara otomatis akan melakukan sinkronisasi folder yang Anda tentukan sehingga Anda tidak perlu secara manual menyalin file bolak-balik.

Hanya menginstal BitTorrent Sync pada kedua komputer, pilih folder yang Anda ingin berbagi, dan menghasilkan "rahasia." Memberikan bahwa kunci rahasia ke komputer lain yang menjalankan BitTorrent Sync dan mereka kemudian akan terus folder yang di sync. Ini akan terjadi sepenuhnya melalui LAN Anda jika komputer di LAN yang sama dan file Anda akan tetap swasta dan lokal.

Fokus pada rahasia bersama - bukan pada account - berarti Anda dapat berbagi folder dengan orang yang berbeda hanya dengan memberi mereka rahasia. Anda tidak perlu dipusingkan dengan account pengguna atau izin berbagi.


Ada cara lain Anda dapat mentransfer file antara komputer, tetapi ini mungkin yang terbaik. Jika komputer tidak berada pada jaringan yang sama, Anda dapat membuat jaringan ad-hoc nirkabel atau bahkan langsung menghubungkan mereka dengan kabel Ethernet untuk mengambil keuntungan dari fitur jaringan berbagi.

Anda Baru saja membaca artikel yang berjudul Cara Mudah Berbagi File Antara Komputer Terdekat semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda semua, Jangan Lupa tinggalkan komentar dan saran anda pada kotak komentar di bawah.

:: Terima Kasih ! ::

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer